STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan : SMP Negeri ............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita | 1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat 1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat |
Berbicara 2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman | 2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif 2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana |
Membaca 3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca | 3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai 3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit 3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat |
Menulis 4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi | 4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar 4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa 4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar |
Mendengarkan 5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan | 5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan 5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang |
Berbicara 6. Mengeskpresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita | 6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat 6.2 Bercerita dengan alat peraga |
Membaca 7. Memahami berbagai teks bacaan sastra dengan membaca | 7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca 7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca |
Menulis 8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng | 8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun 8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar |
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 9. Memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara | 9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara 9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara |
Berbicara 10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon | 10.1 Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai 10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun |
Membaca 11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai | 11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca dengan membaca intensif dan 11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca 11.3 Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca dengan membaca memindai |
Menulis 12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat | 12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung 12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun |
Mendengarkan 13. Memahami pembacaan puisi | 13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi 13.2 Merefleksi isi puisi yang dibacakan |
Berbicara 14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen | 14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen 14.2 Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial |
Membaca 15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak (asli atau terjemahan) | 15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi 15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak (asli atau terjemahan) |
Menulis 16. Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi | 16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam 16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami |
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami wacana lisan berbentuk laporan | 1.1 Menganalisis laporan 1.2 Menanggapi isi laporan |
Berbicara 2. Mengungkap berbagai informasi melalui wawancara dan presentasi laporan | 2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar |
Membaca 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat | 3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai Menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit |
Menulis 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk | 4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar 4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku 4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa yang efektif |
Mendengarkan 5. Mengapresiasi pementasan drama | 5.1 Menanggapi unsur pementasan drama 5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama |
Berbicara 6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran | 6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis siswa |
Membaca 7. Memahami teks drama dan novel remaja | 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama 7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia |
Menulis 8. Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama | 8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan keaslian ide Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan memperhatikan kaidah penulisan naskah drama |
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 9. Memahami isi berita dari radio/televisi | 9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio/televisi Mengemukakan kembali berita yang didengar/ ditonton melalui radio/televisi |
Berbicara 10. Mengemukakan pikiran, persaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler | 10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan Membawakan acara dengan bahasa yang baik dan benar, serta santun |
Membaca 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring | 11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif 11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif 11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas |
Menulis 12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster | 12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan populer 12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas 12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif |
Mendengarkan 13. Memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan | 13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan |
Berbicara 14. Mengapresiasi kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi | 14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) 14.2 Menanggapi hal yang menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) |
Membaca 15. Memahami buku novel remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi | 15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) 15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi puisi |
Menulis 16. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan dalam puisi bebas | 16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai 16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan |
Kelas IX, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio | 1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa narasumber pada tayangan televisi/siaran radio 1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio |
Berbicara 2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk komentar dan laporan | 2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau produk) dengan bahasa yang lugas dan santun Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa dengan menggunakan kalimat yang jelas |
Membaca 3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai | 3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca intensif 3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara cepat dan tepat dari indeks buku melalui kegiatan membaca memindai |
Menulis 4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk iklan baris, resensi, dan karangan | 4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas 4.2 Meresensi buku pengetahuan 4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata, keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan kebulatan wacana |
Mendengarkan 5. Memahami wacana sastra jenis syair melalui kegiatan mendengarkan syair | 5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang diperdengarkan Menganalisis unsur-unsur syair yang diperdengarkan |
Berbicara 6. Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk yang lain | 6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen 6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi dan suasana/irama yang dibangun |
Membaca 7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca buku kumpulan cerita pendek (cerpen) | 7.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan cerpen |
Menulis 8. Mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek | 8.1 Menuliskan kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami |
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 9. Memahami isi pidato/khotbah/ceramah | 9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang didengar Memberi komentar tentang isi pidato/ceramah/khotbah |
Berbicara 10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi | 10.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas Menerapkan prinsip-prinsip diskusi |
Membaca 11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif, membaca intensif, dan membaca cepat | 11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan buku melalui kegiatan membaca ekstensif 11.2 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan menjadi uraian melalui kegiatan membaca intensif 11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat ± 200 kata per menit |
Menulis 12. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karya ilmiah sederhana, teks pidato, surat pembaca | 12.1 Menulis karya ilmiah sederhana dengan menggunakan berbagai sumber 12.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan sistematika dan bahasa yang efektif 12.3 Menulis surat pembaca tentang lingkungan sekolah |
Mendengarkan 13. Memahami wacana sastra melalui kegiatan mendengarkan pembacaan kutipan/sinopsis novel | 13.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan novel yang dibacakan 13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis novel yang dibacakan |
Berbicara 14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pementasan drama | 14.1 Membahas pementasan drama yang ditulis siswa 14.2 Menilai mementasan drama yang dilakukan oleh siswa |
Membaca 15. Memahami novel dari berbagai angkatan | 15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang terdapat dalam buku novel angkatan 20-30 an 15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan 20-30 an |
Menulis 16. Menulis naskah drama | 16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang sudah dibaca 16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa nyata |
oce pak de..
BalasHapus